Skip to main content

7 Ritual dalam memilih Jurusan

Assalamualaikum wb wb.

Salam sejahtera buat kita semua. dan selamat buat adek-adek yang baru saja selesai mendengar kelulusan, selamat buat yang tlah dinyatakan lulus namun yang belum lulus jangan patah semangat karena dunia belum berakhir lagian masih ada ujian ulang kok. pokoknya jangan patah semangat :) perjalanan masih panjang

Oh iya kali ini saya akan membahas tentang
Ritual-Ritual dalam Memilih Jurusan

Dunia perkulihan merukan awal dari kehidupan baru karena disana nanti banyak teman baru, pola pembelajarannya juga gak kayak di SMA lagi. namun biasanya di awal saat ingin kuliah biasa kita mengalami kebingungan dalam memilih jurusan.
sebenarnya sy ini termasuk dalam orang yang salah mengambil jurusan, karena dalam memilih waktu dulu tergesah dan kurang persiapan yang matang karena pengalaman saya itu makanya saya berinisiatif untuk membuat tulisan ini saya buat agar kalian tidak salah seperti saya :)

berikut ini ada 7 Ritual Dalam Memilih Jurusan

1. Ngopi atau Ngeteh
Nah, untuk yang pertama ini cobalah kalian Duduk sendiri dimanapun yang penting tenang dan belilah kopi ataupun teh, setelah itu mulailah berfikir, dimana sih kemampuanmu sebenarnya. sebagai contoh apabila kalian sangat mahir dalam teknologi jangan pernah takut mengambil jurusan sistem informatika atau apapun yang beraroma teknologi. karena dengan kemampuan itu nanti saat kuliah kalian gag bosan dan cepat paham apa yg diajarkan oleh dosen.

2. Jalan-jalan
Relaks saja dalam memilih jurusan, kalau kata sy sih "don't panic pak haji" memilih jurusan bisa dengan jalan. kalian hanya perlu jalan-jalan kemanapun itu, lihatlah sekelilingmu apa sih sebernarnya minat dan bakatmu. karena jika kalian kuliah di bidang yang kalian sukai apalagi cintai pasti apapun rintangannya nanti Insyaallah kalian gag akan patah semangat dan terus berusaha

3. Ngumpul bareng keluarga
Saat ngumpul dengan keluarga kalian bisa ceritain niat kalian memilih sebuah jurusan, karena keluargalah yang akan membiayai kalian dan bicarakan juga soal biaya karena kuliah itu biayanya gag  murah apalagi kampus swasta. bagus jika keluarga mendukung penuh niat kalian, namun bila terjanggal dengan biaya, jangan berkecil hati karena Uang itu bisa dicari dan biasanya ada beasiswa juga kok, pokoknya jangan menyerah akan citacitatamu eh cita-citamu. selalu ada jalan untuk biskuit roma.

4. Ibadah
Untuk agama apapun itu Ibadah merupakan penenang jiwa. jadi bergegaslah pergi menjalankan ibadah dan mintalah petunjuk kepada yang Maha kuasa, karena ini penting dalam memilih jurusan. berdoalah agar tidak salah dalam memilih jurusan, Karena Allah maha mendengar dan maha mengetahui. dan jangan pernah ragu yah dengan kekuatan doa.

5. Nongkrong bareng sahabat
Ngumpul bareng sahabat karena mereka lah orang-orang yang setia menemanimu senang maupun susah. ngobrol santailah dengan sahabatmu tentang jurusan yang akan kamu ambil. cermati pendapat mereka buang masukan yang jelek dan ambil masukan yang baik. karena sahabat pasti ingin yang terbaik buat kalian. jadikan masukan itu sebagai pertimbangan dalam memilih jurusan yang telah kalian idam-idamkan

6. kertas dan alat tulis
Setelah kalian sudah melakukan Ritual diatas mulai dari Ngopi/ngeteh, Jalan-jalan, ngumpul bareng keluarga, Ibadah, dan Nongkrong bareng sahabat, kini saat nya tulislah jurusan yang akan kalian Pilih di kertas. Namun jangan lupa juga menulis Plan B kalian karena dalam Formulir pendaftaran kuliah juga Biasanya diberi 2 pilihan pikirkanlah baik-baik dalam menulis pilihan kedua karena bukan tidak mungkin pilihan tersebut yang akan diterima oleh universitas.

7. Berjanjilah pada dirimu
Ritual terakhir ini merupakan penutup dari tips yang akan sampaikan. dilangkah ke 7 ini Cobalah untuk membuat janji pada dirimu untuk tidak menyerah atas apapun yang terjadi didepan nanti karena tidak mudah untuk menggapai sarjana, selalu ada rintangan yang kalian akan hadapi jadi Berjanjilah untuk terus maju dan pantang untuk menyerah :)

Terima kasih yah, telah membaca 7 Ritual Dalam  Memilih Jurusan yang menurut pengalaman dari teman-teman sarjana muda dan saya sendiri. nah kalau kalian suka, bisa di Share kemanapun, kapanpun dan dengan siapapun semoga bermanfaat :)

Sekian dan Terima Gaji eh Terima kasih :D

Comments

Popular posts from this blog

TEMBAGAPURA - Tambang Tembaga, Emas dan Uranium terbesar didunia

Di daerah yang terdapat dua gunung di mana terdapat dua tambang besar, Itulah Kecamatan Tembagapura yaitu kecamatan yang terletak di Kabupaten Mimika, Papua, Indonesia. Yai tu tambang tersebut adalah tambang Ertsberg (tambang tembaga) di Gunung Erstberg dan tambang Grasberg di Gunung Grasberg yang pada dasarnya tambang dengan cadangan tembaga terbesar ketiga di dunia dan cadangan emas terbesar di dunia. PT. Freeport Indonesia adalah kuasa penambangan dalam mengoperasikan dua tambang ini. Daerah ini terletak pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut atau 6.600 kaki di Mile 68 di jalan Freeport. Pada tahun 1970-1972 semasa awal konstruksi oleh Freeport Indonesia daerah ini dinamakan kota tembagapura tepatnya pada tanggal 3 maret 1973. Kompleks apartemen di Hidden Valley (Aing Bugin). Hidden Valley merupakan kota satelit dari Tembagapura, terletak pada ketinggian 7.000 kaki dengan jarak sekitar 2 mil lewat dari pemukimaman pemukiman tembagapura. Sementara

Festival yang ada di Papua

Papua  adalah sebuah  provinsi  terluas  Indonesia  yang terletak di bagian tengah  Pulau Papua  atau bagian paling timur  West New Guinea  ( Irian Jaya ). Belahan timurnya merupakan negara  Papua Nugini  atau  East New Guinea . Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah  Papua bagian barat , namun sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi di mana bagian timur tetap memakai nama  Papua  sedangkan bagian baratnya memakai nama  Papua Barat . Papua memiliki luas 808.105 KM persegi dan termasuk pulau terbesar kedua di dunia dan pulau terbesar pertama di Indonesia. Papua juga terkenal dengan kekayaan alam dan budaya yang sangat kental, masyarakat aslinya pun terkenal dikenal sangat ramah dan memiliki toleransi umat beragama yang sangat baik. berhubungan dengan itu saya pun ingin mengajak saudara-saudara untuk mengenal budaya papua melalui festival budaya yang di adakan tiap tahunnya diberbagai kota yang berada di provinsi papua. 5 festival budaya yang wajib Anda kunjungi menu

Tips hilangkan jerawat pria dan wanita

Cara menghilangkan jerawat memang susah-susah gampang, khususnya diwajah. si mungil jerawat ini, sangatlah mengganggu penampilan. Apalagi kalau jumlahnya banyak, bisa membuat pusing siapapun yang sedang diserang olehnya. Dikesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa Tips menghilangkan jerawat untuk pria dan wanita : (bacalah dari awal sampai akhir dengan seksama agar tak salah dalam cara dan waktu pemakaian) 1.sabun muka khusus untuk jerawat. Pria : bisa menggunakan sabun muka merek garnier men, biore men atau bisa juga menggunakan sabun yang biasa anda gunakan. Yang penting pastikan bahwa sabun muka anda adalah ANTI ACNE. Wanita : bisa menggunakan sabun muka merek sariayu, garnier, ponds dan bisa juga sabun muka yang biasa anda gunakan, pastikan juga sabun muka yang anda beli adalah ANTI ACNE (Cara penggunaan: pakailah sabun muka yang anda beli, saat pagi, siang dan malam hari. Pastikan sampai benar bersih tanpa ada sisa-sisa sabun yang melekat pada wajah) 2.