Assalamualaikum wr.wb
Tadi karena kepentingan tugas sy akhirnya ke perpus lihat-lihat buku, sebenarnya sih nyari buku akuntansi namun alhasil buku yang sy cari gag ada. tapi ada satu buku yang buat saya tertarik :) gambarnya sih kakek tua botak tengah gitu karena lihat kepalanya sy jadi pengen baca tuh buku. Berikut ini sedikit jurus-jurus dari pak tua PHILIP KOTLER.
Pasar selalu berubah tiap beberapa tahun masyarakat maupun pengusaha selalu-selalu bertanya-tanya apa yang akan terjadi di tahun mendatang. dan berikut ini disajikan 9 formula tunggal yang termashur menurut PHILIP KOTLER seorang pakar pemasaran.
1. Unggul melalui kualitas yang lebih tinggi
formula unggul melalui kualitas baik, ada empat permasalahan
pertama, pelanggan sangat peduli pada hal-hal berbeda, maka penyataan kualitas harus berbarengan dengan penjelasan yang lebih detail tentang keunggulan dari produk yang perusahaan anda miliki.
kedua, konsumen sering kali tidak dapat mengukur kualitas suatu produk hanya dengan melihat saja. konsumenpun hanya menduga-duga kualitas tanpa bukti yang kuat
ketiga, kebanyakan perusahaan saling berlomba-lomba dalam hal kualitas. bila itu terjadi kualitas tidak lagi menjadi penentu atas pemilihan merek.
keempat, untuk mencapai kualitas tertinggi dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.
2. Unggul melalui layanan yang baik
Setiap orang memiliki bobot yang berbeda pada waktu yang berbeda dan dalam situasi yang berbeda untuk setiap atribut layanan. meneriakkan layanan yang lebih baik saja tidak cukup.
3. Unggul melalui harga murah
harga murah saja tidak cukup untuk membangun bisnis yang menguntungkan. kualitas dan layanan juga harus dipertimbangkan, sehingga konsumen mereka membeli berdasarkan nilai, bukan harga semata.
4. Unggul melalui pangsa pasar yang lebih tinggi
pada umumnya, pemimpin pangsa pasar terbesar memperoleh uang yang lebih banyak dari pada pesaing-pesaing yang lebih lemah. mereka menikmati skala ekonomis dan pengenalan merek yang lebih tinggi.
5. Unggul melalui adaptasi dan penyesuaian
banyak pembeli menghendaki penjual melakukan modifikasi atas produk/jasa mereka agar memiliki fitur atau layanan khusus sesuai yang dibutuhkan pembeli. namun penyesuaian massal berhasil bagi beberapa perusahaan, tetapi masih banyak perusahaan lain yang menemukannya sebagai strategi yang tidak menguntungkan.
6. Unggul melalui penyempurnaan terus-menerus
Penyempurnaan produk terus-menerus merupakan strategi yang baik, khususnya jika perusahaan menjadi perintis dalam penyempurnaan produk. tetapi tidak semua penyempurnaan dihargai. beberapa produk telah mencapai batas kemungkinan penyempurnaan dan penyempurnaan berikutnya tidak banyak berarti.
7. Unggul melalui inovasi produk
Seruan yang sering berkumandang adalah "Berinovasi atau Menguap." namun produk-produk baru yang dikeluarkan haruslah yang luar biasa.
8. Unggul melalui strategi masuk pasar-pasar yang pertumbuhannya tinggi
Pasar-pasar yang memiliki tingkat pertumbuhan tinggi, seperti perangkat elektronik fasa-padat, bioteknologi, robotik, dan telekomunikasi. beberapa pemimpin pasar meraih untung besar dalam industri tersebut.
9. Unggul melalui produk/jasa yang melebihi harapan pelanggan
Memenuhi harapan pelanggan hanya akan memuaskan pelanggan, melebihi harapan pelanggan akan membuat mereka sangat senang. pelanggan yang sangat senang/puas akan sangat mungkin menjadi pelanggan tetap. akan tetapi bila perusahaan mampu memberikan produk/layanan yang melebihi harapan pelanggan, pelanggan akan memiliki harapan yang lebih tinggi lagi kali berikutnya.
"Pelanggan masa kini menginginkan kualitas terbaik, layanan tambahan, kenyamanan, penyesuaian, keuntungan, garansi, dan semua dengan harga mura. jelas setiap perusahaan harus memutuskan mana dari banyak keinginan pelanggan yang dapat dipenuhinya secara menguntungkan."
Semoga bermanfaat! :)
Sumber : Buku Managemen pemasaran KOTLER
Comments