Skip to main content

Bukan Bakti Sosial Biasa

Assalamualaikum wr wb.
Salam Sejahterah Untuk Kita Semua :)

Pada tahun 2011 saya menjadi mahasiswa akuntansi di Universitas Sains dan Teknologi jayapura, tapi baru pada tahun 2012 saya ikut aktif dalam organisasi internal kampus HMPS ( Baca : Himpunan mahasiswa program studi ) dan masuk menjadi anggota departemen Humas.

Banyak kegiatan Positif yang kami lakukan, Namun kali ini saya ingin berbagi pengalaman saat  mengadakan Bakti sosial.

Bakti sosial merupakan salah satu program kerja dari departemen Humas yang saat itu belum terealisasi. akhirnya kami pun mencoba mendiskusikan kegiatan ini melalui rapat internal Hmps, saat itu Bupati dari akuntansi Komar yang langsung memimpin rapat kegiatan baksos.

Rapat pun berlangsung alot, banyak masukan dari anggota Hmps yang menginginkan kegiatan Baksos diadakan berbeda dari yang lain. termasuk saya pun menginginkan yang berbeda. setelah melakukan vote akhirnya pendapat dari saudara Nasrul yang saat itu menjabat wakil bupati pun terpilih. idea berilian dari beliau mengadakan kegiatan bakti sosial seharian di panti asuhan merupakan jalan tengah dari banyak idea yang masuk dari anggota lain

Setelah mendapatkan idea tersebut kami pun langsung membentuk panitia kegiatan. saya pun menjadi koordinator kegiatan saat itu. dari hasil rapat kegiatan ini akan kami adakan bertepatan dengan hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 oktober. kami memilih hari tersebut karena Hari sumpah pemuda merupakan hari Istimewa dalam sejarah kebangkitan pemuda indonesia.

Setelah Perincian dana telah diketahui akhirnya panitia khususnya Usaha dana dibantu oleh koordinator kegiatan, Komar, Nasrul, Edy, dan Gandy mulai turun melakukan kegiatan pencarian dana.  metode yang kami gunakan dalam mencari dana adalah melalui Bazar, Jualan, dan sumbangan suka rela dari mahasiswa akuntansi.
dan sungguh tak sangka dana yang kami kumpulkan sudah lebih dari cukup untuk melakukan kegiatan ini. saya pu sangat mengapresiasi buat teman-teman yang mau ikut serta dalam menyukseskan kegiatan ini.

Seminggu sebelum kegiatan ini kita lakukan, kami memutuskan untuk mencari panti asuhan yang akan kita kunjungi nanti, setelah mepertimbangkan lokasi akhir kita memilih Panti asuhan Pelangi yang lokasinya tidak begitu jauh dari kampus kami.

Dan dua hari sebelum hari H kami pun mengumumkan kepada teman-teman yang lain bahwa HMPS akuntansi akan mengadakan kegiatan bakti sosial pada tanggal 27 oktober 2012.
kami tidak mengadakan bakti sosial pada 28 oktober karena kami semua sepakat untuk menghargai saudara-saudara kita yang nasrani mengadakan ibadah pada hari minggu.
Alhamdulillah respon dari teman-temanpun sangat baik saat itu, dapat dilihat dari banyaknya sumbangan yang berdatangan mulai dari pakaian, buku, alat tulis dan lain sebagainya.

kini Pada Hari H,  sabtu 27 oktober 2012 hari yang telah tunggu tiba, sayapun yang biasanya malas bangun pagi, Alhamdulillah pada hari itu bisa bangun pagi. setibanya saya dikampus terlihat teman-teman yang lain juga banyak yang telah berdatangan.

Setelah semuanya telah berkumpul kami pun mencari kendaraan yang akan kami gunakan saat itu. sebenarnya harapan kami ingin menggunakan Bis kampus, namun karena biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan bis kampus tidak sedikit akhirnya kami memutuskan untuk menyewa angkutan umum dan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke Lokasi.

Sesampainya di panti asuhan pelangi kami pun disambut manis oleh para pengurus panti asuhan dan di persilahkan untuk masuk. setelah itu agenda yang kami lakukan sesuai dengan yang telah kita rencanakan mulai dari makan bareng anak-anak panti asuhan, membersihkan lingkungan panti asuhan, dan pengenalan dan pengajaran komputer kepada anak-anak panti asuhan.

Oh iya perlu diketahui, saya menggandeng saudara Wawan dermawan Dalam Kegiatan ini. karena dia merupakan Mahasiswa akuntansi yang kebetulan mahir dan cukup berpengalaman Di bidang IT.

Setelah Seharian Berada di Pantiasuhan. kami harus segara mengakhiri kegiatan ini sebenarnya dalam hati kecil kami ingin sekali lebih lama di sini namun apa daya kita hanya bisa sehari disini.

Penutupan acara ini pun sangat manis karena kita ditemani oleh Ketua yayasan Pelangi, Tokoh inspiratif yang telah mendirikan dan mendedikasikan hidupnya untuk panti asuhan. sungguh mulia apa yang telah dilakukan beliau. beliaupun sedikit bercerita tentang awal mula didirikan panti asuhan. setelah itu kami pun bernyanyi dan berfoto bersama adik-adik kami yang ada di panti asuhan pelangi. Terlihat jelas raut kesedihan dari wajah mahasiswa dan adik-adik panti asuhan karena kami sudah berada di penghujung acara.

akhirnya kegiatan pun selesai, banyak hal yang berkesan bagi kami. edukasi yang tak didapat dari bangku kuliah kami dapat disini, mulai dari bagaimana cara mensyukuri hidup sampai dengan bagaimana ikhlas dalam berbagi.

ini menjadi Pelajaran hidup yang akan di ingat sampai kapan pun.
Sayapun berharap ingin ikutan andil dalam kegiatan Kegiatan Seperti ini lagi, dengan suasana yang berbeda dan cara yang berbeda pula.
Semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

TEMBAGAPURA - Tambang Tembaga, Emas dan Uranium terbesar didunia

Di daerah yang terdapat dua gunung di mana terdapat dua tambang besar, Itulah Kecamatan Tembagapura yaitu kecamatan yang terletak di Kabupaten Mimika, Papua, Indonesia. Yai tu tambang tersebut adalah tambang Ertsberg (tambang tembaga) di Gunung Erstberg dan tambang Grasberg di Gunung Grasberg yang pada dasarnya tambang dengan cadangan tembaga terbesar ketiga di dunia dan cadangan emas terbesar di dunia. PT. Freeport Indonesia adalah kuasa penambangan dalam mengoperasikan dua tambang ini. Daerah ini terletak pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut atau 6.600 kaki di Mile 68 di jalan Freeport. Pada tahun 1970-1972 semasa awal konstruksi oleh Freeport Indonesia daerah ini dinamakan kota tembagapura tepatnya pada tanggal 3 maret 1973. Kompleks apartemen di Hidden Valley (Aing Bugin). Hidden Valley merupakan kota satelit dari Tembagapura, terletak pada ketinggian 7.000 kaki dengan jarak sekitar 2 mil lewat dari pemukimaman pemukiman tembagapura. Sementara

Festival yang ada di Papua

Papua  adalah sebuah  provinsi  terluas  Indonesia  yang terletak di bagian tengah  Pulau Papua  atau bagian paling timur  West New Guinea  ( Irian Jaya ). Belahan timurnya merupakan negara  Papua Nugini  atau  East New Guinea . Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah  Papua bagian barat , namun sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi di mana bagian timur tetap memakai nama  Papua  sedangkan bagian baratnya memakai nama  Papua Barat . Papua memiliki luas 808.105 KM persegi dan termasuk pulau terbesar kedua di dunia dan pulau terbesar pertama di Indonesia. Papua juga terkenal dengan kekayaan alam dan budaya yang sangat kental, masyarakat aslinya pun terkenal dikenal sangat ramah dan memiliki toleransi umat beragama yang sangat baik. berhubungan dengan itu saya pun ingin mengajak saudara-saudara untuk mengenal budaya papua melalui festival budaya yang di adakan tiap tahunnya diberbagai kota yang berada di provinsi papua. 5 festival budaya yang wajib Anda kunjungi menu

Tips hilangkan jerawat pria dan wanita

Cara menghilangkan jerawat memang susah-susah gampang, khususnya diwajah. si mungil jerawat ini, sangatlah mengganggu penampilan. Apalagi kalau jumlahnya banyak, bisa membuat pusing siapapun yang sedang diserang olehnya. Dikesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa Tips menghilangkan jerawat untuk pria dan wanita : (bacalah dari awal sampai akhir dengan seksama agar tak salah dalam cara dan waktu pemakaian) 1.sabun muka khusus untuk jerawat. Pria : bisa menggunakan sabun muka merek garnier men, biore men atau bisa juga menggunakan sabun yang biasa anda gunakan. Yang penting pastikan bahwa sabun muka anda adalah ANTI ACNE. Wanita : bisa menggunakan sabun muka merek sariayu, garnier, ponds dan bisa juga sabun muka yang biasa anda gunakan, pastikan juga sabun muka yang anda beli adalah ANTI ACNE (Cara penggunaan: pakailah sabun muka yang anda beli, saat pagi, siang dan malam hari. Pastikan sampai benar bersih tanpa ada sisa-sisa sabun yang melekat pada wajah) 2.