Skip to main content

Festival yang ada di Papua

Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur West New Guinea (Irian Jaya). Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini atau East New Guinea. Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Papua bagian barat, namun sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi di mana bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat. Papua memiliki luas 808.105 KM persegi dan termasuk pulau terbesar kedua di dunia dan pulau terbesar pertama di Indonesia.

Papua juga terkenal dengan kekayaan alam dan budaya yang sangat kental, masyarakat aslinya pun terkenal dikenal sangat ramah dan memiliki toleransi umat beragama yang sangat baik.
berhubungan dengan itu saya pun ingin mengajak saudara-saudara untuk mengenal budaya papua melalui festival budaya yang di adakan tiap tahunnya diberbagai kota yang berada di provinsi papua.

5 festival budaya yang wajib Anda kunjungi menurut Evha Uaga :


1. Festival Budaya Lembah Baliem
14213151581732223335
Rumah Honai di Lembah Baliem (Sumber : Indonesiantravel.com)
Dari kelima festival lainnya, festival budaya Lembah Baliem mungkin adalah festival yang paling dikenal dunia internasional. Pada penyelenggaraan festival ini di setiap tahunnya, banyak wisatawan dari mancanegara yang datang. Festival yang diselenggarakan di Wamena ini menampilkan pertunjukan dari beragam suku yang bermukim di dataran Wamena hingga Lembah Baliem. Festival Lembah Baliem menampilkan tari-tarian adat khas masing-masing suku. Para pengunjung melihat keunikan corak yang terlukis di wajah dan badan para penarinya.
Pada Festival Lembah Baliem ini kita juga akan disuguhi atraksi perang antarsuku yang dimulai dengan penentuan skenario pemicu perang. Pemicu perang ini dapat berupa penculikan warga, pembunuhan anak warga, maupun penyerbuan ladang yang baru dibuka. Adanya pemicu ini, menyebabkan suku lainnya harus melakukan serangan balasan, sehingga penyerbuan pun dilakukan. Sementara, pihak lawan akan bertahan, sehingga pertempuran pun berlangsung dengan seru. Dalam atraksi perang ini tidak menjadikan balas dendam atau permusuhan sebagai tema. Tema yang diusung justru ungkapan yang bernilai positif, yakni Yogotak Hubuluk Motog Hanorogoatau berarti harapan akan hari esok yang harus lebih baik dari hari ini.
Ada pula aksi lempar tombak yang didemonstrasikan oleh warga suku di sana. Menariknya, pengunjung pun diperbolehkan untuk ikut mencoba lempar tombak ini. Selain melempar tombak, pengunjung juga akan diajarkan cara memanah ala masyarakat Papua yang sehari-harinya biasa berburu. Tombak dan panah secara kultural memang sangat dekat dengan kehidupan penduduk asli Lembah Baliem.
Selain atraksi yang berbau “perang”, dalam Festival Lembah Baliem juga menampilkan pertunjukan Pikon atau alat musik tradisional. Lagu-lagu yang dimainkan dengan Pikon ini, biasanya mengisahkan tentang kehidupan manusia. Ada pula Karapan Babi yang juga menjadi salah satu atraksi menarik dan kerap menimbulkan keriuhan para pengunjung. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat dan masuk ke dalam Honai, rumah adat Papua, yang selama ini mungkin hanya bisa dilihat gambarnya di buku ataupun televisi. Selain itu, dalam festival ini kita juga bisa melihat para mama Papua membuat kerajinan khas Lembah Baliem seperti tas noken dan kalung.
Bagi Anda yang ingin melihat Festival Lembah Baliem, Festival ini biasanya diadakan pada pertengahan Agustus di setiap tahunnya.

2. Festival Danau Sentani
14213152281818923839
Danau Sentani (Sumber : http://www.kidnesia.com)
Festival ini bertempat di Danau Sentani, hanya sekitar 20 Km dari pinggiran ibu kota Provinsi Papua, Jayapura. Danau Sentani sendiri menampilkan suguhan keindahan yang menawan, dengan udara yang nyaman, suasana yang tenang dan dengan latar belakang perbukitan, secara pribadi saya sangat menikmati suasana sunset di Danau Sentani. Ada teman saya, seorang pekerja sebuah LSM pernah bilang ketika ia kembali ke Papua setelah 2 tahun meninggalkan Papua, “Danau Sentani yang memanggil saya kembali ke Papua.” Ia kembali bersama istrinya, mereka berdua memutuskan berbulan madu di Papua.
Ok, kembali ke Festival Danau Sentani, festival ini menampilkan kebudayaan dari 18 suku yang hidup di sekitar Danau Sentani, selain itu juga menampilkan kebudayaan suku para pendatang di Papua seperti Bugis, Makassar, Tanah Toraja dan lainnya. Festival ini juga diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.
Selain itu juga akan ditampilkan beberapa budaya khas masyarakat tepian Danau Sentani, salah satunya adalah Isosolo. Tarian Isosolo ini termasuk atraksi yang ditunggu-tunggu dalam Festival Danau Sentani, Isosolo sendiri adalah tarian magis dan semikolosal oleh masyarakat suku Sentani dengan mempersembahkan hewan buaya yang memiliki kaitan erat dengan kehidupan di Danau Sentani. Isosolo terdiri dari dua kata, yaitu  Iso dan Solo atau Holo. Iso artinya bersukacita dan menari mengungkapkan perasaan hati, sedangkan Holo atau solo berarti kelompok atau kawanan dari semua kelompok umur baik anak-anak, ibu-ibu atau orang dewasa laki-laki yang menari. Isosolo sendiri berarti kelompok orang yang menari dengan sukacita mengungkapkan perasaan hati. Isosolo dilakukan diatas gabungan beberapa perahu dan di pelataran di darat yang disebut Yau.
Bagi Anda yang ingin melihat Festival Danau Sentani, festival ini biasanya diadakan pada pertengahan bulan Juni di setiap tahunnya.

3. Festival Kamoro
1421315350447198664
Tari Kasuari dalam Festiva Kamoro (Sumber : http://travel.detik.com)
Festival ini tidak banyak dikenal dibandingkan festival lainnya, karena waktu penyelenggaraan yang tidak bisa dipastikan tiap tahunnya, bahkan dalam setahun Festival Kamoro bisa dilakukan beberapa kali karena skala festival yang cenderung lebih kecil daripada festival-festival lainnya di Papua.
Festival Kamoro yang diselenggarakan oleh Suku Komoro ini biasanya diawali oleh tarian kasuari, yang memang berkaitan dengan kehidupan suku Kamoro. Dalam tarian ini sekitar 20 pria Kamoro membentuk dua baris panjang. Penari dengan kostum kasuari menari sendiri di barisan paling depan. Di tengah-tengah mereka, pria dengan cat tubuh bintik-bintik dikepung penari lain yang membawa tombak. Pria itu lantas dirangkul dan diarak berkeliling. Tarian ini memiliki kisah tersendiri, alkisah ada pemuda Kamoro yang jatuh cinta dengan seorang gadis, namun ayah si gadis tidak setuju. Si pemuda lari ke hutan dan menjadi kasuari. Saat dia kembali ke desa, warga tidak mengenalinya dan dia hampir saja diburu. Namun warga akhirnya sadar, inilah pemuda yang lari ke hutan. Pemuda itu kemudian mengajari warga desa tari kasuari.
Selain tarian kasuari, Festival Kamoro juga menyuguhkan para mama Papua membuat sagu, membakar ikan dan ulat sagu, serta menyiapkan cacing tambelo untuk dimakan. Sementara yang laki-laki menabuh tifa dan Anda bisa ikut berjoget dengan mereka. Selain itu ukiran kayu suku Kamoro ini tidak kalah dengan ukiran kayu suku Asmat yang memang sudah terkenal di mancanegara.

4. Festival Asmat
14213154221808608523
Ukiran Kayu Suku Asmat (Sumber : http://www.viva.co.id/)
Salah satu festival di Papua yang paling dikenal di mancanegara adalah Festival Asmat, karena dalam festival ini dipamerkan ukiran kayu suku Asmat yang sangat terkenal di dunia internasional. Suku Asmat dikenal memiliki kemampuan membuat seni ukiran kayu yang mumpuni di mana mereka dapat langsung mengukir langsung tanpa menggambar sketsanya terlebih dahulu.
Bagi suku Asmat, ukiran kayu yang mereka buat erat kaitannya dengan roh leluhur dan karenanya tidak semata dianggap sebagai karya seni. Banyak dari benda seni yang dibuat suku Asmat adalah simbol perang, pengayauan, dan pemujaan kepada prajurit leluhur. Selama berabad-abad, suku Asmat yang berusaha memenuhi keinginan roh leluhur dengan menghasilkan karya seni luar biasa dalam bentuk perisai, kano, pahatan, dan drum. Selain pameran ukiran kayu dan lelang, festival ini juga akan diramaikan oleh ratusan seniman yang akan unjuk keahlian  menenun, berperahu, menari, dan pertunjukan musik tradisional. Pada penutupan festival akan ada acara pelelangan karya seni suku Asmat.
Sedikit tentang ukiran kayu suku Asmat yang sangat terkenal itu. Kenapa ukiran suku Asmat begitu terkenal? Ini alasannya. Suku Asmat memilik 12 subsuku yang masing-masing memiliki ciri khas dalam setiap seni pahatan kayunya. Ada subsuku yang menonjolkan ukiran patungnya ada juga yang menonjolkan ukiran salawaku (perisai) dan ada pula yang memiliki ukiran untuk dinding dan peralatan perang. Hal yang paling istimewa adalah setiap karya ukir tidak memiliki kesamaan atau duplikat. Suku Asmat tidak memproduksi ukiran berpola sama dalam skala besar, sehingga bila kita memiliki satu ukiran Asmat dengan pola tertentu, itu merupakan satu-satunya yang ada.
Bila Anda tertarik untuk melihat festival suku Asmat dan pahatan kayunya, festival ini dilaksanakan pada pertengahan Oktober setiap tahunnya.

5. Festival Teluk Humboldt
1421315811262958276
Aksi permainan dua tifa di Festival Teluk Humboldt (sumber : http://www.tempo.co)
Festival yang relatif berusia lebih muda dari festival lainnya di Papua ini, diselenggarakan di Pantai Hamadi, Jayapura. Festival ini diselenggarakan oleh pemerintah daerah Papua untuk memajukan kearifan lokal dalam rangka memajukan ekonomi kreatif di tanah Papua, khususnya di Jayapura. Dalam festival ini ada pementasan kesenian budaya, pagelaran batik Papua, kuliner, kerajinan dari warga setempat, lomba anyam rambut dan merangkai pinang dan masih banyak lainnya. Selain itu ada pergelaran tari tradisional, suling tambur, lomba masak menu tradisional, lomba anyam rambut dan hias pinang. Lalu ada wisata peninggalan PD II, panorama Pantai Hamadi dan pantai lainnya di Teluk Humboldt.
Bila Anda tertarik untuk melihat Festival Teluk Humbolt, festival ini akan diselenggarakan setiap awal Agustus di setiap tahunnya.
Papua kaya dengan berbagai kebudayaan suku-suku di dalamnya. Penyelenggaraan festival budaya adalah cara yang baik untuk melestarikan kebudayaan dan juga mendatangkan pariwisata di Papua. Hal yang terpenting untuk dilakukan oleh pemerintah adalah untuk membuat kalender khusus penyelenggaraan festival-festival tersebut. Butuh promosi yang baik agar penyelenggaraan festival-festival budaya ini agar penyelenggaraan festival-festival ini dikenal oleh turis-turis lokal dan mancanegara, sehingga festival ini tidak hanya sekedar melestarikan kebudayaan lokal suku-suku di Papua, tetapi juga menghidupkan perekonomian di daerah setempat.

Info Penulis :Evha Uaga

Untuk membuka wawasan kita tentang papua.


Comments

Popular posts from this blog

TEMBAGAPURA - Tambang Tembaga, Emas dan Uranium terbesar didunia

Di daerah yang terdapat dua gunung di mana terdapat dua tambang besar, Itulah Kecamatan Tembagapura yaitu kecamatan yang terletak di Kabupaten Mimika, Papua, Indonesia. Yai tu tambang tersebut adalah tambang Ertsberg (tambang tembaga) di Gunung Erstberg dan tambang Grasberg di Gunung Grasberg yang pada dasarnya tambang dengan cadangan tembaga terbesar ketiga di dunia dan cadangan emas terbesar di dunia. PT. Freeport Indonesia adalah kuasa penambangan dalam mengoperasikan dua tambang ini. Daerah ini terletak pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut atau 6.600 kaki di Mile 68 di jalan Freeport. Pada tahun 1970-1972 semasa awal konstruksi oleh Freeport Indonesia daerah ini dinamakan kota tembagapura tepatnya pada tanggal 3 maret 1973. Kompleks apartemen di Hidden Valley (Aing Bugin). Hidden Valley merupakan kota satelit dari Tembagapura, terletak pada ketinggian 7.000 kaki dengan jarak sekitar 2 mil lewat dari pemukimaman pemukiman tembagapura. Sementara

Tips hilangkan jerawat pria dan wanita

Cara menghilangkan jerawat memang susah-susah gampang, khususnya diwajah. si mungil jerawat ini, sangatlah mengganggu penampilan. Apalagi kalau jumlahnya banyak, bisa membuat pusing siapapun yang sedang diserang olehnya. Dikesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa Tips menghilangkan jerawat untuk pria dan wanita : (bacalah dari awal sampai akhir dengan seksama agar tak salah dalam cara dan waktu pemakaian) 1.sabun muka khusus untuk jerawat. Pria : bisa menggunakan sabun muka merek garnier men, biore men atau bisa juga menggunakan sabun yang biasa anda gunakan. Yang penting pastikan bahwa sabun muka anda adalah ANTI ACNE. Wanita : bisa menggunakan sabun muka merek sariayu, garnier, ponds dan bisa juga sabun muka yang biasa anda gunakan, pastikan juga sabun muka yang anda beli adalah ANTI ACNE (Cara penggunaan: pakailah sabun muka yang anda beli, saat pagi, siang dan malam hari. Pastikan sampai benar bersih tanpa ada sisa-sisa sabun yang melekat pada wajah) 2.